Paket B - IPA


Kurukulum IPA Paket B Setara SMP


KONTEKSTUALISASI KURIKULUM 2013 
PENDIDIKAN KESETARAAN 
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 
Jenjang : Paket B Setara SMP/MTS


Tujuan khusus, mapel IPA:
Tujuan diberikannya mata pelajaran IPA di Paket B adalah agar peserta didik mampu: 
  1. Menjalani kehidupan dengan sikap positif dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, berdasarkan potensi, proses dan produk sains 
  2. Memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajaran sains melalui bidang IPA 
  3. Memahami produk atau hasil alam dengan cara yang logis yang bersesuaian dengan prinsip-prinsip sains;

Ruang Lingkup Pelajaran IPA Paket B/setara SMP

Ruang lingkup Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan menghadapi tantangan objektif, sehingga perlu pendayagunaan potensi sumberdaya manusia, sumberdaya alam dan perkembangan masyarakat untuk meningkatkan daya saing bangsa. 

Kemandirian warga masyarakat sebagai orang dewasa dan warga negara yang bertanggungjawab pada perkembangan diri dan masyarakatnya dalam hal ini sangat diperlukan. 

Mata pelajaran IPA Paket B pada pendidikan kesetaraan memuat materi-materi yang sejalan dengan pendidikan formal sehingga dicapai kompetensi setara dengan kualitas lulusan pendidikan formal. 

Mengingat masalah dan tantangan khusus yang dihadapi pendidikan kesetaraan, perlu dilakukan kontekstualisasi perlu dilakukan pada aspek pembelajaran. Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Pengetahun Alam Paket B menekankan pada pengamatan fenomena alam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Pembahasan fenomena alam terkait dengan kompetensi produktif dan teknologi, dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi mahluk hidup dan proses kehidupan, benda/zat/bahan dan sifat-sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan antariksa, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
  1. Kerja Ilmiah & Keselamatan Kerja 
  2. Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan Meliputi objek ilmu pengetahuan alam, klasifi kasi makhluk hidup, organisasi kehidupan, energi dalam kehidupan, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, pencemaran lingkungan, pemanasan global, sistem gerak pada manusia, struktur tumbuhan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem reproduksi, hereditas, dan perkembangan penduduk. 
  3. Zat dan Sifatnya Meliputi karakteristik zat; sifat bahan; bahan kimia; unsur, senyawa, dan campuran; pemisahan campuran; perubahan fi sika dan perubahan kimia; asam dan basa; atom, ion, dan molekul.
  4. Energi dan Perubahannya Meliputi energi, suhu, pemuaian, dan kalor, gerak lurus, gaya dan Hukum Newton, pesawat sederhana, tekanan zat cair, getaran, gelombang dan bunyi, cahaya dan alat optik, listrik statis dan dinamis, kemagnetan dan induksi elektromagnetik. 
  5. Bumi dan Antariksa Meliputi struktur bumi, tata surya, gerak edar bumi dan bulan.

Modul 1 : Pengukuran

Daftar Ujian Modul
Daftar Ujian Nasional




0 Comments